Thursday, July 14, 2016

Mengelola Kekompakan Alumni

Kekompakan sesama alumni sangat dibutuhkan untuk membangun networking dan nama baik kampus.
Membangun alumni yang solid bukan pekerjaan mudah. Tak jarang para alumni menemukan kekompakan mereka hanya pada masing-masing jurusan, fakultas atau berdasarkan angkatan kelulusan nya saja. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kekompakan alumni berikut beberapa tips nya :

1. Sistem Hirarki yang Jelas
Bagi senior yang kedatangan alumni baru, berikanlah pada mereka arahan dengan jelas. Kemudian sampaikan juga hal-hal yang seharusnya mereka capai. Hal ini dilakukan agar alumni baru cepat mengerti dan beradaptasi dengan dunia kerja. Selain itu, disarankan pula agar para senior memberi gambaran tentang kekuatan dan prestasi alumni lainnya sehingga antar alumni bisa saling membanggakan dan punya keterikatan batin.

2. Pelatihan dari Alumni
Selain informasi yang jelas, para alumni baru disarankan agar mendapat coaching atau pelatihan dari para senior. Karena bimbingan tersebut akan menjadi bekal bagi mereka untuk semakin mengerti dan mengenal dunia kerja. 'Mentransfer ilmu' juga bisa semakin mempererat hubungan antara alumni junior dan alumni senior.
3. Organisasi Alumni yang Terstruktur
Korps Alumni dengan struktur organisasi yang jelas akan membuat alumni lebih solid. Karena para alumni akan lebih terorganisir, mempunyai kegiatan rutin yang jelas, saling mengenal, saling peduli satu sama lainnya dalam kegiatan organisasi tersebut serta membangun peluang kerja yang lebih besar lagi.
4. Dukungan Kampus
Untuk menciptakan kekompakan alumni yang solid, tak bisa hanya mengandalkan usaha dari para alumni nya saja. Pihak kampus juga harus ikut andil. Kampus bisa membangun kekompakan para alumni melalui kegiatan yang mereka adakan, misalnya dengan kumpul keluarga besar alumni tiap tahun, sehingga sesama alumni akan saling mengenal satu sama lainnya dan menjadi ajang bertukar informasi serta networking.
By : Korps Alumni (Koral) STP 42

3 comments:

  1. Never be too late to be solid, either never be too early.. Begitu kata seorang filsuf (wanna be) yang berasal dari sebuah pemukiman di kawasan pancoran. "Tidak pernah ada kata terlambat untuk jadi solid, pun tak pernah ada kata terlalu cepat". Ibarat sebuah keluarga, korps alumni sebuah lembaga akademik, tak perlu menunggu tua atau matang dulu untuk jadi sebuah korps yang solid. Pun jangan kemudian melemah tatkala mereka mulai dihinggapi kelelahan krna usia. Solidity is not about age. Oke,kalo kita bicara tentang batu akik, hal itu berlaku. Tapi ini kan bukan. Age is just state of number, and number is limited. Jangan mau dibatasi oleh usia. Alumni muda jangan ragu untuk bersatu. Karena semakin muda kamu, semakin terbakar jiwamu. Jangan dipadamkan, biar menyala terus. Alumni tua jangan takut untuk bertaut. Semakin tua kamu,semakin paham kamu akan makna rindu dan kerinduan pada sesamamu. Jangan batasi. Padatlah. (Dari alumni 42 yang masih terapung antara inggris dan irlandia)

    ReplyDelete
  2. mantap komendan (dari alumni yang tertancap antara Cakung & MM Bekasi)

    ReplyDelete